IKOMANG NUGRAHA WIDYANTARA - SEJARAH SENI, KRIYA, DAN DESAIN - TUGAS 3 - RESUME BUKU PENGANTAR DESAIN GRAFIS (MATERI - SEJARAH SENI, KRIYA, DAN DESAIN - TUGAS 3 - RESUME BUKU PENGANTAR DESAIN GRAFIS (MATERI KOMPONEN DESAIN GRAFIS))

RESUME PENGANTAR DESAIN GRAFIS (Komponen Desain Grafis) karya  Leonardo Adi Dharma Widya, S.Sn., M.Ds. Andreas James Darmawan, S.Sn., M.Sn.

 

Komponen desain grafis merupakan unsur pembentuk desain grafis itu sendiri. Dalam membuat sebuah desain grafis, diperlukan komponen-komponen yang menjadi dasar visual dalam memberikan peranan komunikasi secara visual. Untuk itu, komponen desain grafis terdiri atas 7 komponen. Dari 7 komponen tersebut, perancang desain grafis dapat membangun atau membuat sebuah desain yang menjadi sarana komunikasi secara visual.

7 Komponen yang ada pada desain grafis yaitu:

A.     Titik/Dot/Verteks Titik sebagai salah satu komponen desain grafis yang paling mendasar, baik berdiri sebagai individual maupun sebagai kelompok, komponen titik memberikan nuansa komunikasi yang berarti dalam sebuah desain.



Potensi titik, antara lain sebagai berikut:

·   membentuk sebuah makna: titik tunggal bermakna selesai, titik berkelompok bermakna kesatuan atau kebersamaan

·   membentuk sebuah makna: titik tunggal bermakna selesai, titik berkelompok bermakna kesatuan atau kebersamaan

·   dalam desain, bisa berperan sebagai pemberian aksen (sebagai elemen dekoratif, elemen emosi, dan elemen bahasa gambar)



B.    Garis adalah sebuah komponen desain grafis yang merupakan perapatan dari sekelompok titik yang berurut dan berunut, baik berdiri sebagai elemen utama maupun bagian dari (aksen) komunikasi. Komponen garis memberikan juga nuansa komunikasi yang berarti dalam sebuah desain.

Potensi garis, antara lain sebagai berikut:

·         membentuk garis tepi/kontur sebuah benda

·         mengekspresikan gerak dan emosi (garis horizontal: tenang, mati; garis diagonal: labil (tidak stabil); garis zigzag: kehancuran, retak, tidak tenang; garis bergelombang: hidup, kelembutan)

·         mengekspresikan gerak dan emosi (garis horizontal: tenang, mati; garis diagonal: labil (tidak stabil); garis zigzag: kehancuran, retak, tidak tenang; garis bergelombang: hidup, kelembutan)

C.     Bentuk/raut/kurva adalah sebuah komponen desain grafis yang merupakan bertemunya titik awal garis dengan titik akhir garis. Tentunya, hasil dari garis yang bertemu ini membentuk sebuah bidang. Bidang tersebut, baik berdiri sebagai elemen utama maupun bagian dari (aksen) komunikasi, sangat berperan dalam memberikan nuansa komunikasi yang berarti dalam sebuah desain.

Potensi Bentuk, antara lain sebagai berikut:

·         Istilah bentuk digunakan untuk menyatakan suatu bangun/shape yang tampak dari suatu benda

·         Bentuk merupakan rupa keliling dari sebuah rancang

·         Bentuk mempunyai garis luar (Outline) atau pembatas disekitarnya

·         Bentuk memaksimalkan karakter/kesan yang ingin dicapai

Ada 2 bentuk dasar dalam desain grafis, yaitu: Geometris dan Organis:

·         Bentuk Geometris (segitiga, segiempat, segilima, lingkaran, trapesium, dan seterusnya). Bentuk geometris ini, merupakan sebagian dari bentuk dasar yang dipergunakan sebagai acuan dasar desainer dalam merancang.

·         Bentuk Organis, lengkungan bebas dan fleksibel

D.     Ruang adalah sebuah komponen desain grafis yang merupakan kelanjutan dari bentuk yang dikembangkan dapat membentuk ruang imajiner yang terkait persepsi pengamatnya. Hasil dari pengembang bidang yang menjadi ruang ini lebih banyak berperan sebagai elemen utama (berdasarkan tingkat kerumitannya), tetapi tidak menutup kemungkinan pula dapat berdiri sebagai bagian dari komunikasi. Ruang sangat berperan dalam memberikan nuansa 3 dimensi dalam unsur komunikasi visual.

Potensi ruang, antara lain sebagai berikut:

·         Ruang menjadi pengembangan bidang yang menjadi bidang lain, tetapi tidak hanya sekadar bidang baru. Ruang harus memiliki dimensi sehingga melahirkan berat/massa pada bidang baru yang disebut ruang

·         Sebuah bentuk 3 dimensi dapat digambarkan pada permukaan papar yang terdiri atas beberapa bentuk 2 dimensi

·         Selain membentuk nuansa 3 dimensi, ruang juga dapat memperlihatkan penggabungan bentuk dari sisi/cara pandang yang berbeda (gestalt)

·         Ruang kosong dimanfaatkan agar rancangan tidak terlalu penuh

·         Ruang kosong dimanfaatkan agar rancangan tidak terlalu penuh


E.      Terang-Bayang adalah sebuah komponen desain grafis yang merupakan permainan baru dalam bentuk ranah/lingkup arsir. Dari penambahan elemen arsir tersebut (biasanya adalah efek gradasi), bentuk yang dikembangkan akan memiliki nuansa realistik yang diambil dari prinsip jatuhnya unsur gelap-terang pada sebuah benda Empty space. (Sumber gambar: www.slideshare.net). 30 PENGANTAR DESAIN GRAFIS bila terkena sumber cahaya. Hasil dari komponen terang-bayang ini berperan sebagai ilustrasi utama (berdasarkan nilai realistiknya), tetapi tidak menutup kemungkinan pula dapat berdiri sebagai bagian dari komunikasi yang kreatif

·         Terang-bayang dari arsiran adalah upaya menambah nuansa jatuhnya highlight dan shadow pada sebuah benda

·         Pendekatan terang-bayang ini menghasilkan nuansa realistik dan/ atau fotografik pada sebuah komponen desain

·         Peranannya bisa kepada ilustrasi yang utama juga bisa sebagai sebuah elemen aksen dekoratif

F.      Warna adalah sensasi yang ditimbulkan oleh otak sebagai akibat daripada sentuhan gelombang-gelombang cahaya pada retina mata. Kira-kira ada 10 juta warna yang berbeda dapat dilihat dari mata manusia. Warna dapat berupa warna alam maupun buatan. Pada warna alam, warna asli dari bahan yang ditampilkan, sedangkan warna PENGANTAR DESAIN GRAFIS 31 buatan, warna asli ditutup dengan lapisan cat atau diubah dengan cara lain. Selain itu ada warna yang disebut sebagai warna pigmen (dihasilkan dari percampuran tinta/cat) dan warna cahaya (dihasilkan dari sinar) seperti layar monitor, layar televisi, layar handphone.


    Warna pada dasar keilmuan desain grafis mengacu pada lingkaran warna pigmen (subtractive), yang membagi warna dasar/primer menjadi merah, kuning, dan biru, kemudian masuk dalam turunan pertama/sekunder, dan seterusnya. Sementara dalam pekerjaan yang berhubungan dengan layar (animasi, televisi, web design) mengacu pada lingkaran warna cahaya (additive).

Dan warna pada dunia digital pun dibagi menjadi 2 bagian yaitu ada yang nananya RGB dan CMYK

Potensi warna dalam desain grafis antara lain sebagai berikut:

·         Warna serta nilai gelap dan terangnya, dapat dimanfaatkan untuk memberikan kesan berat-ringan benda, volume, kedalaman komposisi, dan sebagainya.

·         Warna menciptakan suasana/mood//sifat/karakter tertentu pada rancangan

Desainer grafis harus cerdas dalam menentukan warna yang cocok dalam perancangan. Pemilihan warna dapat ditentukan dari konsep analisis dan strategi yang ditentukan sebelumnya. Jika konsep warna sudah didapatkan dari proses analisa dan strategi, tentu pekerjaan akan lebih mudah dan terarah Desainer grafis harus cerdas dalam menentukan warna yang cocok dalam perancangan. Pemilihan warna dapat ditentukan dari konsep analisis dan strategi yang ditentukan sebelumnya. Jika konsep warna sudah didapatkan dari proses analisa dan strategi, tentu pekerjaan akan lebih mudah dan terarah


G.     Tekstur adalah sebuah komponen desain grafis yang merupakan tampilan/karakteristik/gambaran/representasi sifat dari suatu permukaan. Tekstur dapat dibiarkan sebagaimana adanya atau diolah secara khusus menurut kehendak perancangnya. Permukaan dapat polos, bersisik, licin, kasar, pudar, kusam, kilap, lembut, halus, berlendir, terasa gatal, berbulu, dan lain-lain. Tekstur merupakan salah satu unsur seni yang unik karena ia dapat mengaktifkan 2 proses penginderaan sekaligus (visual dan raba). Tekstur dapat berukuran kecil, menekankan pada kedua-dimensian permukaan sebagai hiasan, atau berukuran besar yang menekankan pada kesan raba pada 3D.

Potensi tekstur, antara lain sebagai berikut:

a. memperkaya kenikmatan visual;

b. dipakai dalam memvisualkan objek;

c. membangkitkan perasaan untuk meraba;

d. memperjelas kesan adanya ruang;

e. tekstur dan kesan ruang: tekstur detail/halus (jarak dekat) dan

tekstur blur/kurang jelas (jarak jauh).

Untuk meningkatkan sensasi rabaan lewat tekstur, kita bisa lakukan dengan teknik cetak, misalnya matte (dilapisi dengan bahan kimia sehingga hasil cetakan terasa keset/doff), uv gloss (dilapisi dengan bahan kimia sehingga tampilan lebih mengkilap dan tahan air). Selain dari teknik cetak, kita juga dapat meingkatkan kekuatan desain lewat material/media cetaknya yaitu kertas. Pada masa sekarang sudah sangat banyak pabrik dan distributor kertas dengan beragam ketebalan, warna, dan tekstur untuk meningkatkan tampilan fisik desain grafis. Dengan berbagai pilihan tekstur kertas, kita dapat menyesuaikan karakter desain yang ingin dicapai.      

Penggunaan texture dari medianya langsung seperti keras lembutnya bahan yang digunakan pada desain.

Penggunaan texture di medianya seperti memberi kesan pada kemasan agar terlihat mirip batu dan menjadi menarik para pembeli.

H.     RANGKUMAN:

Jadi saat membuat suatu desaain mentah maupun jadi Dalam membuat sebuah desain grafis, diperlukan komponen komponen yang menjadi dasar visual dalam memberikan peranan komunikasi secara visual. Komponen-komponen tersebut adalah titik/dot/verteks, garis/line, bentuk/raut/kurva, ruang/space/ massa, terang-bayang/gradasi, warna/color, dan tekstur. Tanpa perpaduan komponen yng ada diatas sebuah desain mungkin tidak akan menjadi bagus ataupun menarik.

 

 

 

 

  

Komentar